Akibat Menembus Kecepatan Suara

23 Mar

Kecepatan suara adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kecepatan gelombang suara yang melalui medium elastis. Kecepatan ini dapat berbeda tergantung medium yang dilewati (misalnya suara lebih cepat melalui udara daripada air), sifat-sifat medium tersebut, dan suhu. Namun, istilah ini lebih banyak dipakai untuk kecepatan suara di udara. Pada ketinggian air laut, dengan suhu 21 °C dan kondisi atmosfer normal, kecepatan suara adalah 344 m/s (1238 km/jam).

Dari pembahasan di atas, kecepatan suara 344 m/satau 1238 km/jam. Kira-kira ada tidak ya, seorang pelari yang mampu berlari dengan kecepatan 344 m/s. Jika ada, berarti pelari itu adalah pelari Profesional kelas dunia yang mampu berlari 344 m setiap detiknya. Apa yang terjadi dengan mereka bergerak dengan kecepatan itu ?

Akibat yang ditimbulkan adalah otot-otot menjadi tegang, kaku, layuh, semu dan kelelahan, akibat terus menerus berkontraksi. Kadang-kadang banyak pelari yang jatuh pingsan akibat ketidaksiapan dari otot kakinya. Untuk berlari, apalagi sampai menembus kecepatan suarahal ini akan menyebabkan kondisi fisik tubuh yang semakin melemah. Selain itu, kecepatan suara juga bisa mengakibatkan rusaknya sistem indera pendengaran, pecahnya gendang telinga,organ korti,atau syaraf Kranial VIII (saraf otak VIII), pada gedung-gedung dapat menyebabkan kaca jendela pecah,resonansi, contohnya pecahnya gelas piala, atau jembatan rusak berat.

Sumber-sumber terkait :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kecepatan_suara

%d blogger menyukai ini: