Prinsip kerja Tower Air/ Menara Air

19 Mar

Sebuah menara air adalah sebuah wadah besar penyimpanan air dan sengaja ditinggikan untuk pengadaan pasokan air/ transfer air . Dengan ketinggian yang cukup maka berguna untuk menekan sistem distribusi air. Menara air biasanya di buat bagi perumahan yang tidak memakai sumber air dari PDAM, bagi sekolah-sekolah, perkantoran, dan sebagainya, prinsip kerjanya hanya berupa sebuah mesin pemompa air tanah, pipa-pipa yang langsung berhubungan dengan air keran air,dan jangan lupa harus tersambung dengan sumber arus listrikšŸ˜€

Pengguna pasokan air (kota, pabrik, atau bangunan) harus memiliki tekanan air untuk menjaga keamanan pasokan air. Jika suplai air tidak bertekanan cukup, maka bisa terjadi hal-hal berikut ini :

1.Air tidak dapat mencapai lantai atas sebuah gedung.
2. Keran tidak dapat mengeluarkan air karena tidak cukup aliran.
3. Mengurangi ketergantungan air tanah. Air Tanah biasanya tercemari dengan mikroorganisme , debu, pasir, pupuk , dan terkontaminasi zat beracun lainnya.

Selain itu, Menara air dapat memasok air bahkan ketika listrik padam, karena mereka bergantung pada tekanan yang dihasilkan oleh ketinggian air. Tetapi jangan lama-lama padamnya, karena pompa airnya juga perlu listrik buat mengaliri air ke menara.
1) Pompa mengalirkan air ke menara.
2) Air tersimpan di menara.
3) Tinggi menara memberikan tekanan hidrostatik untuk mengalirkan air ke pengguna.

 

sumber-sumber terkait :

http://id.wikipedia.org/wiki/Menara_air

http://archive.kaskus.us/thread/4585552/40

2 Tanggapan to “Prinsip kerja Tower Air/ Menara Air”

  1. Muhammad Ramadhan Maret 27, 2011 pada 12:17 am #

    nice…

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: