Efek Nitrogen pada Penyelam

18 Mar

Nitrogen adalah gas yang diakibatkan oleh dekompresi… hal ini sering terjadi pada saat menyelam dan tentunya akan di alami oleh beberapa penyelam dong….nah berarti pada saat menyelam si penyelam  akan banyak mengirup nitrogen bebas dan oksigen karena terjadi peningkatan tekanan yang tergantung pada kedalaman dan lama penyelam didalam air. Akan tetapi oksigen yang di hirup akan mengalami proses oksidasi biologi untuk metabolism tubuh dan juga di ikat oleh hemoglobin di eritrosit. Berbeda dengan nitrogen yang tidak di hirup akan tetapi terakumulasi di dalam tubuh penyelam dalam waktu yang pendek. Untuk mengatasi hal ini tidak perlu berlama di dalam air, apalagi sampai pada kedalaman tertentu.

Hal-hal yang menjadi landasan teori bagi efek nitrogen pada penyelam ialah :

HUKUM HENRY. Hukum tersebut menyatakan bahwa pada sebuah bejana yang berisi air dan udara, bila tekanan udara ditingkatkan maka akan terjadi pelarutan udara kedalam zat cair tersebut proporsi seiring dengan peningkatan tekanan udara. Saat tekanan dalam bejana tersebut sudah cukup tinggi, apabila tekanan udara dikurangi secara perlahan-lahan, maka gas yang terlarut akan dibebaskan secara perlahan kembali ke udara tanpa membentuk gelembung udara (suhu konstan). Berarti semakin dalam penyelam menyelam, maka tekanan hidrostatisnya akan lebih besar dan akan menyebabkan volumenya gas nitrogen yang terakumulasi semakin besar juga .

HUKUM BOYLE. Hukum tersebut menyatakan bahwa semakin tinggi tekanan udara, maka kepadatan molekul udara akan semakin padat pada volume yang sama (volume konstan).Berarti semakin dalam penyelam menyelam maka kepadatan gas nitogen juga semakin padat juga pada volume yang konstan🙂.

%d blogger menyukai ini: