Keindahan Alam sebagai Sumber Ilham Karya Seni

15 Sep

Keindahan alam menjadi ilham yang tiada habis-habisnya bagi para seniman di masa lalu. Jika ia seorang pelukis, kanvas-kanvas isinya sawah yang bertingkat dengan latar belakang gunung menghijau. Ada pondok kecil di tengah sawah atau sejenis ranggon, tempat petani berteduh dan mengusir burung jika padi sudah menguning.

Keindahan alam seperti itu bagaikan ciri setiap lukisan tentang pemandangan. Ketika saya kecil, Pelajaran menggambar Selalu tentang pemandangan yang ada gnungnya, maklum anak petani tinggal di gunung. Lukisan-lukisan realis di tahun 1960-an tentang keindahan alam, bahkan masih banyak di temui di pedesaan.

Kata orang, sabda alam di tangkap para pelukis dengan menggoreskan keindahan yang sangat menyejukkan. Jika ada sungai, terlihat air yang gemericik jernih dengan gadis-gadis bercanda riang mencuci pakaian. Semuanya memberikan kesan damai. Begitu pula, kreasi tari dan tabuh yang lahir dari sabda alam tentang kedamaian itu, menyejukkan, dan menghanyutkan hati. Dari suara seruling sampai nyanyian para pekerja saat memetik daun the, semuanya manis di dengar.

%d blogger menyukai ini: