Sistem Reproduksi Manusia

28 Mei

Waktu ibu Helita pergi ke Bandung, kelas XI IPA 1 mendapat tugas membuat rangkuman mengenai sistem reproduksi manusia. Kami di suruh untuk mengetik tugas tersebut dan di buat dalam bentuk makala. SElama 2 hari saya membuatnya dan akhirnya selsesai juga. Pada hari senin tanggal 16 Mei 2011, bertetpatan dengan pengumuman kelulusan kami mengumpulkannya. Setelah itu  Ibu Helita memeriksa pekerjaan kami satu per satu. Beliau mengatakan kalau makalah saya itu perlu di posting diblog. Kata beliau punya saya rapi. Aku jadi senang dan merasa pekerjaan saya tidak sia-sia.. hehe🙂

Ini link  makalah saya :

Makalah Biologi Sistem Reproduksi

Kalteng Expo 2011

23 Mei

Pada tanggal 21 Mei 2011 . Saya mengunjungi kalteng expo tahun 2011 yang di laksakan dalam rangka hari ulang tahun Kalteng yang ke 54. Di sana banyak terdapat stand yang menjual berbagai barang yang merupakan produk Setiap Daerah Kabupaten/Kota. Asyik juga kalau bikinan sendiri, lebih menuju ke khas daerah masing-masing. Pertama saya mengunjungi Standa Kabupaten Kapuas yang menjual menjual kecambah unggul, pedang mandau, barang-barang kerajinan rotan, makanan ringan, minuman, es krim, dan barang-barang elektronik. Kemudian saya menuju stand kota Palangka Raya yang menjual tas, barang-barang kerajinan rotan, peralatan memasak, pakaian batik, baju penantin, pernak-pernik, makanan ringanm dsb.

Setelah itu saya berkunjung ke kabpatena barito utara, yang memenangkan Kalteng expo tahun 2010 Juara 1, di sana terdapat obat-obatan trdisionalyang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.. hehe🙂 Mujarab juga.. Majalah, buku-buku, barang kerjainan tagan dari rotan, sapu, makanan ringan, dan peralatan memasak.  Setelah itu, saya mengunjungi stand Kabupaten BeritoSElatan, nah.. di sana ada menjual madu.. madu asli.. dan juga barang lain yang hampir sama saja dengan Barito Utara, mungkin karena sama-sama Barito, jadinya punya produk yang hampir sama,.. :)Setalah itu saya mengunjungi Katingan, yang menjual perabotan rumah tangga, dan lain-lain. Berkunjung ke kabupaten Gunung Mas, yang menjual Tas laptop, dimpet, dan Lukisan. Brang-barang lain hampir sama dengan Kabupaten lainnya.

Penasaran sekali dengan Stand Kotim yang dulu pernah mendapat Juara 1 Kateng Expo 2009.. Jadi kangen Sampit, lama gak ke sana.. Ntar aja ke sana.. kangen sama teman-teman di sana.. guru-guru SMP.. Ternyata pas ke sana.. Woow.. bagus juga.. akankah kali ini Ko-tim bisa tampil kembali menjadi juara 1 setelah 1 tahun vakum..   Saya melihat di sana barang-barangnya sangat menaik, produk sendiri.. aa perabotan rumah tagga, dan lain sebagainya. Setelah itu saya mengunjungi Kabupaten Lamndau yang menjual barang-barang seperti bartu bara. dsb.. Batu baranya keren sekali.. Saya bekunjung ke Kabupaten Pulang Pisau.. ada menual beras hitam,, waw di Stand yang lain gak ada nieh.. dan juga barang tradisional lainnya..

Setelah hampir kurang lebih satu jam saya berkeliling, saya ingin mengunjungi Stand Kab. Murung Raya, yang tahun kemarin dapat juara 2 di expo 2010. Penasaran jadinya.. Ketika melihat barang-barang di sana, saya tertarik dengan cincin giok.. wah tp lumayan mahal juga.. lagi boke nieh.. ada brang-barang elektronik, batu bara, 0bat-obatan, patung, pakian batik,  pernak-pernik, barang-barang kerajinan tangan lain, makanan ringan , dan sebagainya..

SMADA PARAY Lulus 100 %

17 Mei

Pengumuman kelulusan SMA , pada tanggal 16 Mei 2011 berjalan dengan baik. Pada hari itu , para siswa kelas XII yang telah lulus, di larang melakukan konvoi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Dengan adanya peraturan ini jalan raya jadi tertib.. hehe😀.. tp mngkin saja banyak yg melakukan kompoi, sebagian orang saja. Saya dan Dita Monita serta Rizky Hidayah

Sebelum pengumuman kakak kelas pada difoto, buat kenangan, di video, hehe🙂.. dengan gaya-gaya yg keren, pada deg-degan mau dengar pengumuman kelulusan, juga nie deg-degan siapa yg menjadi lulusan terbaik di UN tahun 2011 ini. Ada kat Lutfi, Ka Pujja, Ka There, Ka Aina, Ka Sahal semua anak CC UUD , haha :)…  Aku jadi takut, aku tak bisa seperti mereka, Yang penting Lulus..🙂..

berikut adalah foto-foto mereka saat di foto sebelum pengumuman

Inilah foto-foto kelulusan SMA lain

BUAT BUMERANG

14 Mei

Pada hari Selasa, 10 Mei 2011, rasanya sangat cape sekali. Karena saya dan juga teman sebagai nominasi  Peserta Olimpiade Sains Nasional telah melaksanakan seleksi OSN bidang Matematika se-Kota Palangka Raya dan juga bidang sains lainnya sedang berjuang untuk menaklukan soal-soal seleksi yang diajukan. Betapa saya sangat kesulitan dalam menyelesaikan soalnya, namun akhirnya saya hanya bisa menjawab 10 soal dari 20 soal yang diujikan. Setelah itu saya pulang dan ikut bersama ade kelas. Setelah itu, saya siap-siap dirumah ingin mencari papan triplek untuk membuat boomerang, setidaknya saya ingin mendapatkannya secara gratis. Yaa anggap saja nyari di mebel, atau di tempat orang membuat lemari kayu, yang biasanya ada triplek kecil yang merupakan sisa pembuatan lemari kayu. Setelah itu saya ke took bangunan untuk membeli cat minyak, cat kayu, kuas, dan amplas. Kira-kira selama perjalanan tadi saya menghabiskan uang Rp20.000,00.

Kemudian karena kecapean saya memutuskan untuk membuat boomerang itu besok. Tetapi malam hari itu juga saya searching di blog pak Rudy untuk mengambil pola bumerang yang sudah tersedia di blog beliau. Setelah itu pola tersebut saya print dalam ukuran diperbesar dari ukuran sebenarnya. Kemudian saya memotongnya dan jadilah pola bumerang tersebut, yaitu boomerang bersayap 3, karena teman-teman ku yang lain juga membuat bumerang bersayap  tiga tersebut.

Berikut adalah cara-cara membuat bumerang versi saya, akan tetapi inilah alat dan bahan yang diperlukan :

Alat dan Bahan :

1)      Gergaji kayu/triplek

2)      Gergaji Kecil

3)      Amplas

4)      Triplek

5)      Cat Kayu

6)      Cat Minyak

7)      Kuas

Cara-cara membuat bumerang :

  1. Menggambar pola bumerang yang saya print dengan menggunakan spidol.
  2. Memotong pola bumerang tersebut menggunakan gergaji kayu/gergaji triplek. Kemudian jika masih ada sisa yang belum dipotong, memotongnya menggunakan gergaji kecil. Pada saat menggergaji saya minta tolong dengan salah satu teman saya, ketika itu juga dia sedang membuat bumerang dia juga.
  3. Setelah bumerang itu jadi, saya mengamplas sisi-sisi bumerang itu sampai halus.
  4. Setelah itu saya mencat bumerang yang sudah diamplas dengan cat kayu terlebi dahulu. Setelah mengering, saya mengecatnya dengan cat minyak. Lalu tunggu sampai mongering. Jadilah bumerang. Hehe😀..

Kesan-Kesan dalam Belajar Fisika

29 Apr

Hal-hal yang sangat mengesankan dalam belajar fisika adalah saat becanda bersama Pak Rudy . Ketika kami selesai menerima materi yang diajarkan dan latihan soal-soal, beliau selalu mengajak kami bercanda, apalagi dengan hal-hal yang menarik dan lucu untuk dibicarakan dan benar-benar membuat saya dan teman-teman tertawa terbahak-bahak, saya sangat menyenangi guru yang bisa mengajak siswanya belajar dan bermain, dapat memberikan waktu serius dan waktu bercanda pada saat belajar. Sehingga kami menjadi lebih relax setelah belajar dan tidak mudah stress. Hehe:-D…… saya juga menjadi lebih mudah mengerti, apalagi pak Rudy juga Selalu menjelaskan materi Fisika yang diajarkan dengan berbagai istilah asing yang mungkin asing di telinga saya. Contohnya ketika saat belajar mengenai gerak harmonik, apalagi dengan kata yang disampaikan beliau, yaitu kata masiv yang artinya besar. Jika sebuah benda bergerak turun naik (vibrasi), jika dia bergerak naik maka kecepatanya semakin berkurang dan memiliki kecepatan 0 saat dipuncak dan dilembah(dasar) dan memiliki kecepatan maksimum saat dititik awal dan belum bergerak.

         Selain hal itu, hal yang saya sukai adalah cara belajar yang diberikan beliau bagi siswanya. Siswanya dituntut untuk belajar mandiri, belajar aktif, seperti melakukan presentasi, praktikum, latihan LKS, dan sebagainya semua itu merupakan salah satu kewajiban siswa-siswi kelas XI IPA 1 – XI IPA 4 SMAN 2 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2010/2011 angkatan ke 26 SMADA. Hal itu adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk membentuk siswa-siswi yang aktif belajar fisika,siswa mandiri, maupun siswa yang inovatif,kreatif,dan idealis. Dengan hadirnya siswa yang inovatif, kreatif, dan penuh ide, maka tidak mustahil SMAN 2 Palangka Raya bisa menjadi sekolah SBI yang sangat diharapkan terwujud. Pak Rudy juga mengajarkan siswa-siswai dalam ruang belajarnya untuk Selalu disiplin, tepat waktu saat pelajarannya, dan juga tepat waktu untuk mengumpulkan tugas. Karena kunci kesuksesan seseorang karena kedisiplinan yang dimilikinya. Itulah kesan yang dapat  saya sampaikan saat ini.

Semoga bermanfaat🙂 …

Belajar Lewat Intranet

24 Mar

wow. Tadi pagi kami memuali pelajaran fisika dengan mencoba cara belajar gaya baru dan berbasis ICT.. hehe.. pakai laptop…jadi, dengan 1 laptop dapat membagi berbagai file ke beberapa laptop yang sudah terhubung dengan komputer server. Tadi lumayan seru juga. Akan tetap ada kendala yang harus dihaapi ada yang laptopnya gak ada WIFI, pokoknya banyak sekali kendalanya, sampai-sampai ketika 45 menit telah berlalu barulah semuanya bisa masuk dan tidak ada lagi  kendala yang muncul . Memang semua yang kita kerjakan membutuhkan waktu dan proses, bahkan tenaga serta uang juga ikut ambil bagian di dalamnya. Tapi itu semua kita lakukan untuk kebaikan kita dan kita adalah Makhkuk yang sangat ingin blajar dan memiliki rasa tahu yang besar.

Setelah semuanya beres Pak Rudy memberikan tugas dari Buku BSE yang memiliki 5 jenis buku. Beliau memberikan tugas kpada masing-masing kelompok dengan nomor soal yang berbeda-beda tetapi masih dalam 1 buku, tadi kami mencoba buku BSE karangan Siswanto. Kemudian hasil pengerjaan soal-soal tentang Fluida statik dan Fluia dinamis di ketik di notepad dan dikirimkan. Saya, Sari ,Ihsan ,MadanRyan, dan Candra. Kami mengerjakan soal hal 173 no 2 dan hal 188 no 3, dan menuliskannya ke papan tulis dan mengirimkannya melalui notepad. Proses belajar mengajar melalui intranet sangat berbasis ICT, hal ini melatih kemampuan siswa utuk saling bertukar informasi,komunikasi dengan guru, hanya saja hal ini cukup banyak memakan waktu, akan tetapi sangat bermanfaat bagi siswa.. Ya mungkin, seperti saya ini harus banyak belajar, karena saya agak GAPTEK, hehe🙂.. Tadi saya gak bawa laptop dan hanya melihat laptopnya milik Sari saja.. Tapi tak apalah, ini pengalaman dan kita saling belajar..

Kepiting

24 Mar

Apa yach?

Kira-kira kepiting apa yach yang bisa melakukan serangan mematikan dengan hanya menjetikkan air ke sasarannya. Menurut saya, kepiting itu adalah gelombang laut yang memiliki energi yang Dahsyat dan besar. Karena memiliki energi yang sangat besar juga ia mampu menghancurkan batu-batu besar yang berada di sekelilingnya. Gelombang laut di karenakan oleh pasang surut air laut yang di sebabkan oleh gaya gravitasi bulan. Biasanya, batu-batu di sekeliling laut hancur atau telah mengalami pelapukan Fisika maupun Pelapukan Kimiawi juga disebabkan oleh abrasi yaitu erosi oleh gelombang laut.

Beberapa gelombang laut, ada yang merugikan bagi kehidupan manusia, seperti Tsunami yang muncul setelah terjadinya gempa. Tsunami biasanya terjadi di daerah pusat gempa yang terletak di sekitar perairan laut. Tsunami dapat meluluhlantakan pemukiman penduduk, rumah, kontruksi, bangunan, bahkan dapat membuat suatu daerah hancur😦. Seperti yang terjadi pada Aceh, 26 Desember 2004 yang lalu. Sekarang, pada bulam Maret 2011 telah terjadi tsunami di daerah timur Jepang yang menyebabkan terjadi kerusakan cukup parah, korban jiwa melayang, dan sebagainya. Kita hanya bisa berdoa dan turut berdukacita atas terjadinya bencana alam, karena semuanya ini sudah di atur oleh Tuhan Yang Maha Esa🙂.